Laman

Senin, 06 Januari 2014

Profesi Kependidikan






Profesi Kependidikan
Judul Buku: Profesi Kependidikan
Penulis: Dr. Hj. Rugaiyah, M.Pd. dan Dra. Atiek Sismiati
Pengedit: Risman Sikumbang
Penerbit: Ghalia Indonesia
Cetakan: September 2011
ISBN: 978-979-450-653-0
Halaman: 159 hal.

Diera globalisasi kompetisi di berbagai bidang semakinlah ketat. Tiap profesi mencoba meningkatkan eksistensinya pada kebutuhan masyarakat akan jasa profesi tersebut. Kondisi ini berdampak balik kepada profesi yang bersangkutan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan pada masyarakat. Untuk itu, maka di era sekarang ini kompetensi anggota profesi  merupakan kunci peningkatan kualitas layanan.

Profesi kependidikan merupakan salah satu mata kuliah dalam rumpun MKDK. Pengalaman dalam membina guru-guru menunjukkan bahwa kebutuhan mahasiswa akan sumber belajar, terutama buku acuan sangatlah penting. Manajemen pendidikan diarahkan kepada penjelasan tentang hakikat manajemen yang spesifikasikan pada bidang pendidikan, fungsi manajemen menelaah kepada pelaksanaan operasional manajemen yang diawali dari kegiatan perencanaan, pengelolaan, pengorganisasian pengkoordiniran, penempatan, pergerakan.

Adapun fungsi pengawasan yang dikaji sebagai fungsi penilaian.Istilah manajemen pendidikan sering disamakan dengan istilah administrasi pendidikan. Kedua istilah tersebut kadangkala membuat pengertian yang salah  karena tidak mengetahui substansinya.

Buku ini menerangkan bagaimana cara kita dalam pembinaan siswa dalam cara pengajaran. Buku yang sangat bagus untuk dibaca oleh kalangan sang pengajar. Buku ini memberikan pembinaan disiplin untuk siswa. Dan mengajarkan manajemen pendidikan yang terakadang jarang sekali dilakukan oleh seorang pendidik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar